Tuesday, July 14, 2015

Pemprograman LCD 16 X 2 Dengan Modul Arduino



Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan bagaimana mengontrol lcd 16 x2 dengan menggunakan modul arduino. Tidak seperti dulu untuk mengendalikan lcd harus membuat code-code khusus sesuai dengan lcd tapi sekarang seiring perkembangan zaman code-code tersebut sudah diringkas menjadi sebuah library sehingga programmer sudah tidak direpotkan lagi tinggal memanggil library tersebut dan sedikit konfigurasi pin-pin mana yang akan dihubungkan antara lcd dengan microcontroller sudah dapat menampilkan karakter ke dalam lcd.
Sebelum melakukan programming sebaiknya terlebih dahulu anda rakit komponen-komponen pendukung sehingga nantinya langsung dapat dilihat hasilnya. Berikut ini adalah konfigurasi pin pada lcd dan modul arduino
1.  Pin RS pada LCD dihubungkan ke pin digital nomor 12
2.  Pin enable LCD dihubungkan ke pin digital nomor 11
3.  Pin LCD D4 ke pin digital nomor 5
4.  Pin LCD D5 ke pin digital nomor 4
5.  Pin LCD D6 ke pin digital nomor 3
6.  Pin LCD D7 ke pin digital nomor 2


#include <LiquidCrystal.h>
//inisialisasi library berserta pin yang akan digunakan
LiquidCrystal lcd(12, 11, 5, 4, 3, 2);

void setup() {
  // konfigurasi baris dan kolom lcd
  lcd.begin(16, 2);
  // menampilkan pesan pada lcd
  lcd.print("hello, world!");
}

void loop() {
  // set kurson ke kolom 0 dan pada baris ke 1
  lcd.setCursor(0, 1);
  lcd.print(millis()/1000);
}


Gambar Tampilan LCD Hello World
karakter dapat juga di geser ke dari kiri ke kanan ataupun dari kanan ke kiri, Berikut ini penjelasan fungsi kaki pada lcd 16 x2.
1.  pin RS (register select) berfungsi sebagai kendali/kontrol lcd, dimana memori lcd dapat ditulis sebuah data. Kamu dapat memilih salah satu data register tersebut.
2.  Pin R/W berfungsi untuk akses baca tulis data.
3.  Pin E (Enable), berfungsi sebagai Enable Clock LCD, dengan logika 1 setiap kali pengiriman atau pembacaan data. Jika menggunakan 8 bit (semua pin dipakai/ disambungkan pada mikrokontroler) maka hanya membutuhkan 1 siklus enable, tetapi jika menggunakan 4 bit (hanya DB4-DB7 yang disambungkan) maka membutuhkan 2 suklis enable.
Sekian tutorial kali ini

No comments:

Post a Comment