Wednesday, July 8, 2015

Apa Itu Arduino?



Apa itu arduino? Arduino adalah kit(modul) microcontroller bersifat open source dibuat dan dikembangkan sejak tahun 2005. Pada pertengan tahun 2011 sudah lebih dari 300.000 modul yang diproduksi secara masal. Di dalam modul terdapat chip avr dari keluarga atmel baik itu yang 16, 32 bahkan 64 bit yang berfungsi untuk menyimpan perintah bahasa komputer. Untuk bahasa pemprograman arduino menggunakan bahasa C yang mudah dipelajari dan juga arduino sudah terdapat library yang cukup lengkap. Sampai saat ini sudah banyak sekali modul yang dibuat oleh developer yang mempermudah pengguna arduino untuk membuat project yang diinginkan.


Di dalam modul arduino terdapat bootloader yang berfungsi untuk upload source code melalui atau dari komputer. Arduino juga support unity salah satu software untuk aplikasi pengembangan game multi platform, baik game 3d maupun game 2d dan masih banyak sekali software yang support arduino. Berikut ini contoh produk arduino :
1.   Arduino uno
2.   Arduino leonardo
3.   Arduino due
4.   Arduino yun
5.   Arduino tre
6.   Arduino zero
7.   Arduino Micro
8.   Arduino Esplora
9.   Arduino Mega ADK
10. Arduino Ethernet
11. Arduino Mega 2560
12. Arduino Robot
13. Arduino Mini
14. Arduino Nano
Dan masih banyak lagi produk yang dapat anda pilih sesuai dengan kebutuhan project yang ingin anda buat.

Dengan munculnya modul arduino sekarang tidak hanya orang yang paham tentang elektronika yang dapat menggunakannya tapi orang yang sama sekali tidak begitu mengerti tentang elektronika atau tidak sesuai dengan disiplin ilmu yang dimilikinya dapat menggunakan modul arduino. Jika ingin mempelajari lebih detail tentang arduino dapat mengunjungi website https://www.arduino.cc
 
Sebelum melakukan pemprograman arduino sebaiknya terlebih dahulu melihat datasheet modul yang ingin dipergunakan karena setiap pin pada modul arduino memiliki fungsi yang berbeda-beda. Berikut ini adalah contoh-contoh pin pada arduino
1.   IO (Digital Input/output) berfungsi sebagai pin yang menghubungkan microcontroller dengan perangkat luar.
2.   Serial data tx dan rx berfungsi sebagai komunikasi serial ke komputer atau perangkat lainnya.
3.   External interupsi berfungsi ketika ada perintah interupsi external dari luar microcontroller akan menghentikan proses program yang sedang berjalan dan mengeksekusi perintah interupsi tersebut.
4.   Pwm (pulsa width modulation) adalah metode untuk memanipulasi lebar sinyal yang dinyatakan dengan pulsa dalam suatu periode. Contohnya untuk mengontrol tegangan listrik.
5.   Aref berfungsi untuk mensuplay tegangan refrensi analog
6.   Reset (mengembalikan ke kondisi semula)
7.   Vcc (mensuplay tegangan positif modul arduino)
8.   Ground (mensuplay tegangan negatif modul arduino)
9.   Dll

Selain modul arduino yang berisi prosesor juga dikembangkan “shield” untuk pengembangan yang lebih luas. Untuk pemasangan shield tambahan cukup dihubungkan ke pin modul arduino sesuai petunjuk. Ada juga shield yang dibuat untuk menggabungkan banyak modul seperti xbee.

No comments:

Post a Comment