Sunday, July 26, 2015

Kontrol Arduino Melalui Unity

Biasanya game engine unity hanya dipakai dalam pembuatan game tanpa banyak yang tau jika software game engine tersebut dapat juga dikoneksikan dengan hardware. Pada tulisan kali ini saya akan menjelaskan cara mengendalikan lampu led melalui unity? Apa itu unity? Unity adalah adalah software game engine atau aplikasi untuk membuat game, baik game 2d maupun 3d. Apa sajakah yang diperlukan dalam pembuatan project kali ini, ya tentu saja software unity dan modul arduino, beberapa led dan komponen pendukung lainya. Pada tutorial kali ini saya menggunakan unity 4.1.5 dan modul arduino uno r3.
Untuk bahasa pemprograman unity yang saya pakai adalah c# boleh juga memakai bahasa lain seperti java dan boo. O iya jangan lupa instal terlebih dahulu api untuk sinkronisasi arduino dengan unity minimal api/net framework versi 2 ke atas. Pada gambar di bawah ini adalah rangkaian arduino dan beberapa led.

Gambar rangkaian arduino dan led

Gambar rangkaian jadi
Setelah modul dan beberapa led selesai di rangkai sekarang waktunya untuk memulai pemprograman unity dan arduino. Anda membutuhkan file RYG.ino pada program arduino dan sebuah kompiler. Cara kerja pada project kali ini adalah led akan berubah setiap detik. Berikut ini script pada program arduino
int gLed = 10; //pin nomor 10 pada modul arduino
int yLed = 11; // Pin 11
int rLed = 12; // Pin 12

void setup() {
pinMode(gLed, OUTPUT); //seting semua pin led sebagai output
pinMode(yLed, OUTPUT);
pinMode(rLed, OUTPUT);

digitalWrite(gLed, LOW);//pesan untuk mematikan semua led
digitalWrite(yLed, LOW);
digitalWrite(rLed, LOW);
}

void loop() {

digitalWrite(gLed, HIGH); //led berwarna hijau menyala
delay(1000); // Waits a second
digitalWrite(gLed, LOW); //led berwarna hijau mati
digitalWrite(yLed, HIGH); // led berwarna kuning menyala
delay(1000); // menunggu jeda beberapa detik
digitalWrite(yLed, LOW); // led warna kuning mati
digitalWrite(rLed, HIGH); //led warna merah menyala
delay(1000);
digitalWrite(rLed, LOW);
}

Jika semua program bekerja dengan baik sekarang beralih ke pemprograman unity. Diakhir tulisan saya akan sertakan file zip. Anda dapat mendownloadnya pada link tersebut. Setelah anda download buka file tersebut pada lembar kerja unity akan tampil 3 kotak warna merah, hijau dan kuning. Ketika anda play project tersebut maka kotak-kotak tersebut akan berotasi.
      File RYGFromUnity.ino berbeda dari file sebelumnya. Pertama yang harus anda catat adalah penggunaan serial.begin(9600). Ini yang akan menjadikan data dapat diterima oleh kedua software tersebut, dan juga dapat dipergunakan untuk debugging,  seperti pada debugging unity akan tetapi lebih cenderung ke beberapa bit.
      Selanjutnya yang tak kalah penting adalah Serial.readBytesUntil(lf, myCol, 1); fungsi tersebut yang menyebabkan arduino dapat membaca beberapa data  yang datang melalui serial sehingga salah satu karater dapat terdeteksi. Sebenarnya kadang-kadang dengan data ini dapat juga dibandingkan. Saya akan lanjutkan tulisannya lain kali

No comments:

Post a Comment