Biasanya game engine unity hanya dipakai dalam
pembuatan game tanpa banyak yang tau jika software game engine tersebut dapat
juga dikoneksikan dengan hardware. Pada tulisan kali ini saya akan menjelaskan
cara mengendalikan lampu led melalui unity? Apa itu unity? Unity adalah adalah
software game engine atau aplikasi untuk membuat game, baik game 2d maupun 3d.
Apa sajakah yang diperlukan dalam pembuatan project kali ini, ya tentu saja
software unity dan modul arduino, beberapa led dan komponen pendukung lainya. Pada
tutorial kali ini saya menggunakan unity 4.1.5 dan modul arduino uno r3.
Untuk bahasa pemprograman unity yang saya pakai
adalah c# boleh juga memakai bahasa lain seperti java dan boo. O iya jangan
lupa instal terlebih dahulu api untuk sinkronisasi arduino dengan unity minimal
api/net framework versi 2 ke atas. Pada gambar di bawah ini adalah rangkaian
arduino dan beberapa led.
Gambar rangkaian arduino dan led
Gambar rangkaian jadi
Setelah
modul dan beberapa led selesai di rangkai sekarang waktunya untuk memulai
pemprograman unity dan arduino. Anda membutuhkan file RYG.ino pada program
arduino dan sebuah kompiler. Cara kerja pada project kali ini adalah led akan
berubah setiap detik. Berikut ini script pada program arduino
int gLed = 10; //pin nomor 10 pada
modul arduino
int yLed = 11; // Pin 11
int rLed = 12; // Pin 12
void setup() {
pinMode(gLed, OUTPUT); //seting
semua pin led sebagai output
pinMode(yLed, OUTPUT);
pinMode(rLed, OUTPUT);
digitalWrite(gLed, LOW);//pesan
untuk mematikan semua led
digitalWrite(yLed, LOW);
digitalWrite(rLed, LOW);
}
void loop() {
digitalWrite(gLed, HIGH); //led
berwarna hijau menyala
delay(1000); // Waits a second
digitalWrite(gLed, LOW); //led
berwarna hijau mati
digitalWrite(yLed, HIGH); // led
berwarna kuning menyala
delay(1000); // menunggu jeda
beberapa detik
digitalWrite(yLed, LOW); // led
warna kuning mati
digitalWrite(rLed, HIGH); //led
warna merah menyala
delay(1000);
digitalWrite(rLed, LOW);
}
Jika
semua program bekerja dengan baik sekarang beralih ke pemprograman unity. Diakhir
tulisan saya akan sertakan file zip. Anda dapat mendownloadnya pada link
tersebut. Setelah anda download buka file tersebut pada lembar kerja unity akan
tampil 3 kotak warna merah, hijau dan kuning. Ketika anda play project tersebut
maka kotak-kotak tersebut akan berotasi.
File RYGFromUnity.ino berbeda dari file
sebelumnya. Pertama yang harus anda catat adalah penggunaan serial.begin(9600).
Ini yang akan menjadikan data dapat diterima oleh kedua software tersebut, dan
juga dapat dipergunakan untuk debugging,
seperti pada debugging unity akan tetapi lebih cenderung ke beberapa
bit.
Selanjutnya
yang tak kalah penting adalah Serial.readBytesUntil(lf,
myCol, 1); fungsi tersebut yang menyebabkan arduino dapat membaca beberapa
data yang datang melalui serial sehingga
salah satu karater dapat terdeteksi. Sebenarnya kadang-kadang dengan data ini
dapat juga dibandingkan. Saya akan lanjutkan tulisannya lain kali
No comments:
Post a Comment